Minggu, 19 Juni 2016

Manfaat Kalium Untuk Kesehatan | Fakta Tentang Kalium

Manfaat Kalium Untuk Kesehatan | Fakta Tentang Kalium
Manfaat Kalium Untuk Kesehatan
Kalium
Kalium adalah unsur logam ringan yang membentuk banyak senyawa penting dan sangat penting untuk nutrisi manusia. Pelajari tentang unsur kalium. Berikut adalah 10 fakta menyenangkan dan menarik tentang kalium:
  • Kalium adalah nomor elemen 19. Ini berarti jumlah atom kalium adalah 19 atau setiap atom kalium memiliki 19 proton.
  • Kalium adalah salah satu logam alkali, yang berarti itu adalah logam yang sangat reaktif dengan valensi 1.
  • Karena reaktivitas yang tinggi, kalium tidak ditemukan bebas di alam. Hal ini dibentuk oleh supernova melalui R-proses dan terjadi di Bumi terlarut dalam air laut dan garam ionik.
  • Pure kalium merupakan logam perak ringan yang cukup lunak untuk dipotong dengan pisau.
  • Pure kalium biasanya disimpan di bawah minyak atau minyak tanah karena mengoksidasi begitu mudah di udara dan bereaksi dalam air untuk berkembang hidrogen, yang dapat dinyalakan dari panas reaksi.
  • Ion potasium penting bagi semua sel hidup. Hewan menggunakan ion natrium dan ion kalium untuk menghasilkan potensi listrik. Hal ini penting untuk banyak proses seluler dan merupakan dasar untuk konduksi impuls saraf.
  • Kalium pertama kali dimurnikan pada tahun 1807 oleh Sir Humphry Davy dari kalium kaustik (KOH) melalui elektrolisis. Kalium adalah logam pertama yang diisolasi menggunakan elektrolisis.
  • Senyawa Kalium memancarkan ungu atau warna ungu nyala ketika dibakar.
  • Kalium digunakan sebagai media transfer panas. Garamnya digunakan sebagai pupuk, pengoksidasi, pewarna, untuk membentuk dasar yang kuat, sebagai pengganti garam, dan untuk banyak aplikasi lainnya.
  • Nama untuk kalium berasal dari kata bahasa Inggris untuk kalium. Simbol untuk kalium adalah K, yang berasal dari kalium Latin dan Arab Qali untuk alkali. Potash dan alkali adalah dua senyawa kalium yang dikenal manusia sejak zaman kuno.

Manfaat Kalium Untuk Kesehatan

Kalium adalah mineral yang penting bagi kehidupan. Kalium diperlukan untuk jantung, ginjal, dan organ lainnya untuk bekerja secara normal.
Mengapa orang memakan kalium?
Manfaat Kalium Untuk Kesehatan
Potassium
Kebanyakan orang yang diet makan sehat harus mendapatkan cukup kalium secara alami. Namun, banyak orang Amerika tidak makan makanan yang sehat dan mungkin kekurangan kalium. Rendah kalium dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, arthritis, kanker, gangguan pencernaan, dan infertilitas. Bagi orang-orang dengan kalium rendah, dokter kadang-kadang merekomendasikan perbaikan diet – atau suplemen kalium – untuk mencegah atau mengobati beberapa kondisi ini.
Kekurangan kalium lebih sering terjadi pada orang yang:
  • Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti diuretik dan pil KB tertentu
    Memiliki pekerjaan menuntut fisik
  • Seorang altet
  • Memiliki kondisi kesehatan yang mempengaruhi penyerapan pencernaan mereka, seperti penyakit Crohn
  • Memiliki gangguan makan
  • Asap
  • Penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan

Gejala Kekurangan Kalium Atau Gejala Penyakit Hipokalemia 

Defisiensi nutrisi apapun dalam tubuh yang tidak diinginkan dan kalium tidak terkecuali. Sebuah kekurangan diet kalium dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan dan kelemahan otot. Indikasi lain untuk kekurangan kalium termasuk refleks aktif, detak jantung tidak normal, jantung berdebar, anemia dan sakit kepala parah. Orang Kalium-kekurangan juga mengalami tekanan darah tinggi, nyeri di usus mereka, pembengkakan kelenjar dan diabetes sebagai efek samping yang serius dari kekurangan ini.
Berapa banyak kalium harus Anda ambil?
The Institute of Medicine telah menetapkan asupan kalium. Mendapatkan jumlah ini kalium dari diet, dengan atau tanpa suplemen, harus cukup untuk membuat Anda sehat. FDA telah menetapkan bahwa makanan yang mengandung setidaknya 350 miligram kalium dapat menanggung label sebagai berikut: “. Diet yang mengandung makanan yang merupakan sumber yang baik dari potassium dan rendah sodium bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke”.

Manfaat Kalium Untuk Kesehatan

Manfaat kalium untuk kesehatan tubuh manusia diantaranya :
Manfaat Kalium Untuk Kesehatan ,Kalium Melindungi Jantung, Otak, dan Lainnya
“Kalium dalam diet menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk stroke dan penyakit jantung, “kata Lawrence Appel, MD, MPH, seorang profesor kedokteran, epidemiologi, dan kesehatan internasional di Lembaga Kedokteran Johns Hopkins.
Appel, yang telah mempelajari efek dari diet pada tekanan darah, mengatakan kepada WebMD bahwa kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan berkontribusi menjadikan arteri lebih fleksibel, dan membantu tubuh membuang kelebihan sodium. Sodium menjadikan retensi cairan, yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.
Manfaat Kalium Untuk Kesehatan, Untuk Menjaga Kesehatan / Kepadatan Tulang,
Penelitian menunjukkan diet kaya kalium dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis, terutama pada wanita yang lebih tua. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam edisi 2008 dari “Journal of Nutrition,” penelitian menunjukkan asupan kalium meningkat, ekskresi kalsium urin menurun dan pembentukan tulang meningkat. Selain itu, studi observasional menunjukkan wanita yang mengkonsumsi jumlah yang relatif rendah kalium memiliki kepadatan mineral tulang lebih rendah, dan tulang sehingga lebih lemah, dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi jumlah yang relatif tinggi kalium. Kalium mempengaruhi asam-basa keseimbangan tubuh, dan peneliti berhipotesis bahwa perubahan kecil dalam keasaman darah dapat meningkatkan atau menurunkan pembentukan tulang.
Manfaat Kalium Untuk Kesehatan, Kalium Mitra di Tekanan Darah Lebih Baik
Kalium adalah penting, Selain kalium ada mineral lain yang berperan pada penurunan tekanan darah tinggi. “Diet yang mencakup makanan kaya kalium berhubungan dengan tekanan darah yang lebih rendah, tapi itu tidak sepenuhnya akurat untuk memberikan semua kredit untuk kalium,” kata Marla Heller, MS, RD.
Appel telah meneliti efek dari Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) diet pada tekanan darah tinggi dan menemukan bahwa itu mampu menurunkan tekanan darah, sering dalam hitungan minggu.
Heller, penulis buku The DASH Diet Rencana Aksi, mengatakan diet DASH yang relatif rendah sodium didasarkan pada sejumlah besar buah dan sayuran, rendah lemak dan tanpa lemak susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan daging tanpa lemak, ikan, dan unggas. Meskipun diet DASH adalah harta karun kalium, itu juga kaya akan kalsium dan magnesium, yang membantu mengurangi tekanan darah.
Manfaat Kalium Untuk Kesehatan, Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal 
Kalium sitrat menempel pada kalsium dalam urin, mencegah pembentukan kristal mineral yang dapat berkembang menjadi batu ginjal.

Manfaat Kalium Untuk Kesehatan

Setelah membahas Manfaat Kalium Untuk Kesehatan, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam takaran yang seimbang. Bagaimana apabila jumlah kalium kurang  ( hipokalemia ) atau melebihi ( hyperkalemia ) yang dibutuhkan tubuh ?

Sumber : http://alrafa.org/manfaat-kalium-untuk-kesehatan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar